My First Semester

Assalamu’alaikum

Semester 1 berlalu. Ga kerasa udah enam bulan aja jadi bagian dari Program Studi Teknik Arsitektur (PSTA) Universitas Sriwijaya (Unsri). Dan sekarang ane mau berbagi sedikit tentang PSTA Unsri juga tentang apa aja sih mata kuliah yang ane pelajarin saat semester 1. Oke yok disimak!

PSTA Unsri ada prodi yang menjadi bagian dalam Fakultas Teknik, selain Teknik Sipil, Teknik Pertambangan, Teknik Kimia, Teknik Elektro, Teknik Mesin, dan Teknik Geologi. PSTA ini mulai aktif menerima mahasiswa pada tahun 2001. Jadi ane yang masuk tahun 2015 termasuk angkatan ke XV. Sama kayak rata-rata prodi lain di Unsri, PSTA juga punya dua kelas, yaitu kelas di Indralaya dan kelas di Palembang. Kalo ane masuk yang di Indralaya. Oh iya, berdasarkan SK dari BAN-PT no. 217/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/X/2013, PSTA dinyatakan berakreditasi A loh! Alhamdulillah, walaupun masih terbilang muda tapi ternyata dinilai cukup mampu untuk mendapat akreditasi tersebut dan insyaa Allah tetap bertahan terus.

Berdasarkan petunjuk resminya sih PSTA Unsri punya 5 laboratorium, yaitu Lab. Studio Gambar & Perancangan Arsitektur, Lab. Pemukiman & Kota, Lab. Teori dan Sejarah Arsitektur, Lab. Digital Arsitektur, dan yang terakhir Lab. Teknologi & Sains Bangunan.

Oke anggep aja yang tadi itu intermeso, sekarang ane mau jelasin tentang mata kuliah apa aja sih yang ane pelajarin di semester 1. Semester 1 ini ane dapet 17 sks, gabisa dikurang atau ditambah, karena emang kalo masih semester 1 itu sistemnya paketan. Nanti di semester selanjutnya baru deh bisa ngambil sks terserah kita sesuai dengan batas Indeks Prestasi (IP). Dari 17 sks itu, ada 6 mata kuliah, yaitu:

1) Perancangan Arsitektur 1
Ini matkul wajib (banget). Bobotnya aja sampe 6 sks :matabelo. Disini kita masih belajar tentang dasar-dasar mendesain. Jadi berasa balik lagi ke jaman TK. Motong-motong kertas warna, ngelipet kertas, main cat air, nempelin biji-bijian. Pokoknya seru kok. Kita belajar gimana mendesain matra 2 dimensi dan matra 3 dimensi. Rata-rata tugas besarnya masih sistem kelompok, jadi tambah seru. Oh iya, matkul ini wajib lulus, kalo ngga, kita gabisa ngambil matkul Perancangan Arsitektur diatasnya. Jadi ngulang terus sampe berhasil haha..

2) Menggambar Arsitektur
Namanya jurusan arsitektur pasti ada gambar-gambarnya lah ya. Ya walaupun gaharus jago gambar, tapi kita dituntut harus tahu dasar-dasar gambar dan teknik-tekniknya, sehingga kemampuan menggambar manual kita dapat meningkat. Yang jago jadi tambah jago, yang cacat jadi tambah cacat jago haha.. nah itulah yang dipelajarin di matkul ini. Kita belajar tentang gimana sketsa yang baik, teknik perspektif, teknik isometri, denah, tampak, potongan, skala, ya gitu-gitu deh. Asik juga kok kalo dinikmatin.

3) Pengantar Arsitektur
Nah kalo 2 matkul sebelumnya dominan praktek, ini baru teori. Kita dikasih pengantar tentang konsep arsitektur, prinsip-prinsip, fungsi berarsitektur, ya gitu deh. Lumayan boring asik lah haha

4) Teknologi Bangunan
Teori lagi. Nah disini kita umumnya belajar tentang bahan, struktur, konstruksi, dan utilitas suatu bangunan. Apa aja sih jenis-jenis semen? Batu buat bangunan apa aja sih? Baja itu apa? Kayu apa yang bagus buat konstruksi? Gimana campuran kolak beton yang baik? Dan masih banyaak lagi.. Nah disini kita belajar.

5) Mekanika Teknik
Ini dia matkul hitung-hitungan yang katanya gampang buat yang suka hitungan, tapi bikin keder buat kaum anti matfiskim. Ini sebenernya matkul wajibnya Teknik Sipil sih.. tapi ya seengganya seorang arsitek juga harus tahu dasar-dasar perhitungan konstruksi, katanya sih. Disini kita belajar tentang gaya, beban, dan sebangsanya.

6) Kewarganegaraan
Matkul terakhir. Ini adalah matkul MPK (Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian) yang wajib untuk semua jurusan. Umumnya matkul MPK itu ada 4. Tapi di semester ini kami baru dapet 1 doang. Untuk materinya ya gajauh beda lah sama materi di bangku sekolah. Paling ada beberapa pengembangan kasus aja.

Oke itu dia matkul yang ane pelajarin di PSTA Unsri semester 1 kemaren. Susah? Engga juga kok.. go it the flow aja haha.. dibarengin sama doa dan ikhtiar. Sadis.

Wassalamu’alaikum

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s