Ngeteng ke Bogor

Assamu’alaikum

Libur akhir semester tiba. Waktunya untuk liburan. Dan sekarang ane bakal berbagi tentang perjalanan ‘ngeteng’ ane dari Indralaya ke Bogor kemaren.

Sebelumnya Indralaya itu lokasinya 32 km dari Kota Palembang, daerah dimana Universitas Sriwijaya, almamater ane, terletak. Sehari sebelum berangkat, ane bareng 5 orang temen lainnya mesen tiket kereta api dulu dengan rute Kertapati – Tanjung Karang. Mesennya di kasir Alfamart (bisa loh.. jadi gausah repot-repot ke stasiun/agen). Untuk harga tiketnya yaitu 35rb, tapi karena mesen di Alfamart, jadi katanya ada tambahan operasional 7,5rb.. yaa gapapa lah.

Besok paginya, tanggal 17 Desember, ane berangkat jam 6 dari Indralaya. Naik travel tujuan Stasiun Kertapati, Palembang. Travel disini maksudnya mobil pribadi gitu.. jadi ceritanya mobil plat hitam yang dikomersialkan. Halah.
Jam 7 akhirnya sampe di stasiun. Kita langsung ngumpul berenam. Kaya di 5cm aja ya berenam naik kereta wkwkwk. Jam 7.30 kereta berangkat. Nama keretanya Rajabasa, kelas ekonomi. Budget ga cukup buat naik kelas bisnis haha-_-

Salah satu kelemahan kereta ekonomi ini adalah sering berhenti. Apalagi rel di Sumatera Selatan ini masih one track. Jadi perjalanan makin lama. Alhasil kami sampai Stasiun Tanjung Karang, Lampung sekitar pukul 20.00. Setelah tiba kami foto-foto dulu, harus eksis dong wkwk. Setelah itu kami makan malam dulu di warung kaki lima terdekat. Maklum laper banget (FYI, di kereta Rajabasa dijual kok nasi kotak dan pop mie, tapi harganya mahal dan porsinya kurang untuk ukuran mahasiswa haha).
Setelah makan kami mencari travel, sekali lagi adalah mobil plat hitam yang dikomersialkan, untuk ke Pelabuhan Bakauheni. Biayanya 50rb, dianter sampe pintu masuk loket tiket. Kami sampe sekitar pukul 0.00. Sebelum masuk kami beli makanan dan minuman ringan dulu di minimarket karena pasti semua makanan di atas kapal harganya bakal lebih mahal. Oh iya tiket kapal feri ini 14,5rb. Mujurnya kami dapet feri yang cukup bagus, pokoknya nyaman walaupun kelas ekonomi. Pukul 1.00 kami bertolak dari Bakauheni, dan sekitar pukul 4.00 kami pun sampe di Merak.

Dari Merak ane mampir dulu ke rumah kakak tingkat ane di Serang, sekalian istirahat (read: numpang makan) dan nunggu sholat Jum’at. Setelah sholat, ane naik bis dari Terminal Serang tujuan Kampung Rambutan, karena bis tujuan Bogor itu susah dapetnya disana. Pas masuk Jakarta jalanan jadi macet parah, alhasil sampe di Kampung Rambutan sekitar jam 17.30. Karena udah kesorean ane jadi males langsung ke Bogor haha, jadi ane mutusin mampir ke tempat temen yg mahasiswa UNJ dulu di Rawamangun. Ya itung-itung istirahat dan nginep dulu.
Besok paginya ane langsung cus deh, berangkat dari Stasiun Jatinegara pake KRL tujuan Bogor. Setelah sampe Stasiun Bogor ane mau ke Botas dulu.. wkwkwk masih sempet aja ya.. rencananya mau beli buku di Gramed buat bahan bacaan pas liburan haha. Jadi naik deh tuh angkot jurusan Baranangsiang.
Dari Botas, ane naik angkot jurusan Ciawi. Setelah sampe di Ciawi, nyambung angkot lagi jurusan Cicurug. Abis itu turun deh di Caringin. Yeah nyampe juga akhirnya.. happy holiday~

Wassalamu’alaikum

Rincian biaya ane dari Indralaya – Caringin, Bogor:
(Travel) Indralaya – Kertapati : Rp 15.000
(Kereta) Kertapati – Tj. Karang : Rp 42.500
(Travel) Tj. Karang – Bakauheni : Rp 50.000
(Feri) Bakauheni – Merak : Rp 14.500
(Bis) Serang – Kp. Rambutan : Rp 28.000
(Bis) Kp. Rambutan – Rawamangun : Rp 10.000
(KRL) St. Jatinegara – St. Bogor : Rp 5000
(Angkot) St. Bogor – Botas : Rp 5000
(Angkot) Botas – Ciawi : Rp 4000
(Angkot) Ciawi – Caringin : Rp 6000
*Budget konsumsi selama perjalanan ane kira-kira: Rp 100.000 (cukup boros wkwk)

Advertisements

2 thoughts on “Ngeteng ke Bogor

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s