Ramadhan, please be memorable

Assalamu’alaikum

Ramadhan tiba semua bahagia
Tua dan muda bersuka cita
Bulan ampunan bulan yang berkah
Bulan terbebas api neraka

Marhaban yaa Ramadhan. Selamat datang Ramadhan.
Petikan lagu dari Opick diatas menggambarkan mayoritas perasaan umat muslim menyambut Ramadhan, bahagia, bersuka cita. Ya, Ramadhan datang kembali. Alhamdulillah, tahun ini kita masih diberi kesempatan oleh Allah untuk bersua dengan bulan penuh berkah ini. Bulan dimana keluarga dapat berkumpul hangat kala bersahur dan berbuka. Bulan dimana anak-anak dapat makan masakan lezat khas Ramadhan dan bermain di masjid lepas tarawih. Bulan dimana para muslim bercumbu dengan amaliyah-amaliyah sholeh semata-mata untuk mendekatkan diri kepada-Nya. Bulan dimana Al Quran dibaca lebih banyak dari biasanya.

Menjelang Ramadhan, rindu rasanya diri ini menunggu hadirnya. Bagai rindunya seorang pecinta terhadap pujaan hatinya. Rindu akan keberkahannya, kebersamaannya, dan kemeriahannya.

Ramadhan kali ini mayoritas umat muslim memulai 1 Ramadhan di hari yang sama. Alhamdulillah, semoga ini awal yang baik untuk kedepannya. Untuk selalu bersama, berjamaah.

Bagi ane, Ramadhan kali ini adalah yang ke-8 di Manado. Pun menjadi Ramadhan terakhir di kota ini. Semua rekam kenangan itu terputar kembali. Kenangan terindah saat Ramadhan tentunya adalah ketika dapat berbagi bersama teman-teman seiman, bersama Remaja Masjid Al Kautsar. 5 tahun terakhir ane selalu menjalani Ramadhan bersama mereka. Masjid jadi rumah kedua kami. Bahkan saat Ramadhan kami lebih sering berada di masjid daripada di rumah sendiri. Semua tanggung jawab sebagai pengurus remaja masjid tidak kami anggap sebagai beban, malahan kami lalui dengan bahagia karena bersama-sama. Mulai dari cuci piring bareng untuk buka puasa rutin masjid, bikin kantin Ramadhan, tadarusan tiap malem sampe jam 11 (kadang lebih lama karena abis tadarus kita ngobrol-ngobrol dulu haha), nginep di masjid buat ngejagain beras zakat fitrah, dan sahur bareng pake nasi padang sampe enek wkwkwk.

Alhamdulillah, Allah karuniakan ane teman-teman dalam ukhuwah yang luar biasa. Semoga kebersamaan ini tak akan luntur kini dan nanti. Bahkan saat jarak memisahkan. Insyaa Allah ukhuwah ini dapat menjadi syafaat di hari akhir kelak.

Light up your Ramadhan. Ayo kita berlomba dalam kebaikan mengejar amal sholeh di bulan ini. Dan semoga Allah sampaikan kita pada Idul Fitri. Semoga ini bukan Ramadhan terakhir kita. Semoga masjid-masjid akan tetap penuh pun saat Ramadhan berlalu.

Wassalamu’alaikum

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s