SNMPTN

Assalamu’alaikum

SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) baru saja berlalu. Sekitar 150.000 siswa diterima di PTN pilihan mereka. Padahal pendaftarnya sampai 850.000 siswa, orang semua tuh. Dan disini ane pengen share pengalaman ane kemarin, insyaa Allah bermanfaat lah.

SNMPTN 2015 memang baru di launching sekira bulan Februari. Tapi ane telah mempelajari dan meneliti (ceilah) seleksi ini sejak di kelas XI. Sehingga ane memang sudah tahu seluk beluknya ketika mendaftar. Ane pelajari sistemnya, peluangnya, strategi lulusnya, juga baca review dari orang yang sudah pernah lolos sebelumnya. Lolos PTN tanpa tes? Siapa yang ga mau bre?

Untuk masalah pilihan prodi, ane ga ada masalah. Ane mantep milih prodi arsitektur sejak di kelas X dan emang itu adalah cita-cita ane dari SD. Tapi untuk masalah pilihan PTN, nah ini dia yang bikin perlu sholat istikhoroh berkali-kali. Pertama ane pengennya di IPB, deket kampung. Dan sampai kelas XII pun ane masih merasa mantep buat milih IPB. Tapi saat pendaftaran SNMPTN dibuka, ane semakin membaca situasi. Ya, SNMPTN ini emang bukan cuma sembarang nyaplok doang, harus ada strateginya gan. Semua punya probabilitas, dan strategi terbaik adalah yang mempunyai probabilitas berhasil terbanyak (jendral perang mode on).

Setelah ane nimbang, di IPB belum ada alumni sekolah ane, tahun lalu pun kakak kelas ane gagal disana. Bukan maksud pesimistis. Dan emang harus ada pelopor dong sebelum pengekor. Tapi, ane merasa ada pilihan yang lebih bijaksana. Dan akhirnya ane memilih Universitas Sriwijaya. Disitu ada alumni dari sekolah ane juga. Bukan barang baru sih, karena emang dulu diawal SMA ane pernah pengen kuliah disana juga. Ane juga udah pernah ke Palembang, not bad lah. Dan mantaplah pilihan ane. Pas pihak sekolah ngasih password untuk login, ane langsung verifikasi nilai raport di pdss. Dan di hari itu juga ane langsung daftar dan finalisasi. Kata operator sekolah, ane yang paling pertama finalisasi di sekolah haha. Ane takut berubah pikiran sih, jadi mending langsung eksekusi aja dah. Ane juga melampirkan sertifikat-sertifikat di kolom Prestasi. Total ada 8 sertifikat yang ane masukin. Katanya maksimal 3 sih, tapi toh masih bisa di upload, jadi ya.. upload aja.

image
Pilihan PTN dan Prodi ane

Setelah finalisasi, kita harus menunggu lebih dari sebulan sampai pengumuman tiba. Setelah UN, 13-15 April 2015, makin galau dah tuh nunggu pengumumannya. Sambil nunggu, emang lebih baik buat belajar persiapan SBMPTN. Tapi emang dasar ane nya males, dan karena masih ada harapan di SNMPTN, jadi belajarnya tergantung mood aja.
Oh iya ini penting. Selagi menunggu pengumuman SNMPTN, sangat baik kalo kita tambah getol beribadah, mendekatkan diri kepada Tuhan. Ya kalo muslim, sholat 5 waktu (ini mah emang wajib), tahajjud, tilawah Al Quran, dan puasa sunnah. Kalo perlu juga bernadzar, misalnya kalo lolos bakal transfer pulsa ke writer blog ini gitu hahaha. Nggak, nadzar terbaik itu adalah yang bernilai ibadah, dan juga yang masih dalam batas kemampuan ente.

Pengumumannya 9 Mei. Sehari sebelumnya tambah galau tuh. Lebih uring-uringan daripada penderita PMS (gatau juga sih lawong ane gapernah PMS). Takut ga lolos juga sih, karena nilai ane tuh naik-turun dari semester 1-5. Ga konsisten. Rangking juga kaga.
Dan pas hari H, makin nano-nano. Pengumumannya jam 5 sore WIB. Jadi jam 6 sore di Manado. Sebelum pengumuman, ane sholat Maghrib dulu di masjid, sambil bawa hp, supaya abis sholat bisa langsung liat hasilnya.
Sholat selesai jam 6.05. Notif hp dari grup-grup socmed bunyi terus. Tanda banyak yang udah ngecek hasilnya. Ane langsung mojok di masjid. Buka web snmptn. Bismillah, dan..

image
Hasilnya, gan

Alhamdulillah, lolos. Pikiran pertama saat itu adalah akhirnya ga usah ngulik soal-soal SBMPTN haha.. tinggal fokus di prodi ini. Unsri, i’m coming :v

Alhamdulillah, ini akumulasi dari usaha, strategi, ibadah, dan doa orang tua, gan. Itu kunci-kuncinya. Untuk yang lolos, di PTN manapun, selamat, ini baru permulaan jadi jangan leha-leha. Untuk yang belum beruntung, jangan putus asa sampai ngunyah baygon batangan, berhasil itu ga ada tanpa kegagalan. Semangat di SBMPTN/ujian masuk lainnya (eh SBM minggu depan ya :v )

Wassalamu’alaikum

Leave a Reply

