Atas Dasar Suka

Assalamu’alaikum

UN telah berlalu. Masa putih abu-abu pun tertelan waktu.

Kini, mayoritas siswa kelas 12, termasuk ane, menikmati masa liburan. Tapi masa libur ini bukan sekadar masa santai dan main-main, tapi masa mempersiapkan diri ke perguruan tinggi.

Beberapa hari lagi pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), setiap siswa berharap pilihannya bisa lolos, ane juga demikian. Jika gagal, opsi selanjutnya untuk yang berminat ke PTN adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), yang tentu tidak mudah.

Ada hal menarik sebelum para siswa kelas 12 mengikuti seleksi perguruan tinggi. Yaitu adalah pemilihan jurusan. Ada yang mantap, ada yang bingung, ada juga yang tidak tahu jurusan apa yang bakal diambil. Alhamdulillah, ane termasuk yang mantap, karena ane milih berdasarkan minat ane.

True story, ada, bahkan banyak, temen ane yang nanya gini “Jul, jurusan ini prospek kerjanya apaan sih?”. Ada juga yang bilang, “Gue mau masuk jurusan yang prospek kerjanya menjanjikan”. Dan banyak lagi pertanyaan dan pernyataan senada.

Gak salah sih, ketika kita menjadikan prospek kerja sebagai acuan. Karena memang mayoritas orang kuliah untuk mempersiapkan hidup di dunia kerja.

Tapi menurut ane, ± 8 semester yang akan kita lalui nanti bukan hanya sekadar luas/tidaknya prospek kerja jurusan tersebut. Seluas apapun prospek kerjanya, kalo jurusan itu bukan minat dan kesukaan kita ya gabakal sukses. Yang ada kita males kuliah, merasa salah jurusan, dan akhirnya IPK sekarat. Boro-boro sukses kerja, dipanggil wawancara kerja aja nihil. Nonsense.

Jadi, ayolah kita pandai memilih. Teliti macam-macam mata kuliah di jurusan tersebut. Sesuai minat dan kemampuan atau tidak? Ane yakin lo itu tau minat dan kesukaan lo dimana. Lo juga pasti bisa mengukur kemampuan lo cocoknya dimana. Daripada nurut orangtua atau ikut-ikutan orang lain sekarang dan derita kemudian, mendingan kita jujur sekarang untuk jalani kehidupan kuliah sesuai minat kita. Bener ga?
Speak Up!

Wassalamu’alaikum

Leave a Reply

