Kutu Buku = Pintar?

Assalamu’alaikum

“Jul, elo tiap hari baca buku, bolak balik gramedia, kok ga pinter-pinter sih”

Beberapa waktu lalu ada temen ane yang ngomong gitu. Ya waktu itu ane cuma bisa senyum kecut aja nanggepinnya.

Masih rada bingung sama persepsi mayoritas rakyat kita. Entah. Banyak yang beropini bahwa orang yang pintar itu adalah mereka yang jago akademik. Dan tentu, termasuk top ranking di kelas. Mungkin teman ane diatas bisa beropini demikian karena ane bukan termasuk top ranking di kelas. Ane memang maniak baca. Dari kecil suka baca buku apapun, komik, novel, koran, majalah, dan alhamdulillah al quran tentunya. Tapi jujur saja, bukan berarti seorang bookaholic harus menghabiskan hobinya dengan membaca buku bank soal ataupun rumus rumus eksakta, kan?

Kalau ada yang beranggapan bahwa mereka yang pintar hanyalah yang unggul dalam bidang akademik terkhusus bidang eksakta, sungguh malang Usain Bolt, Lionel Messi, atau Affandi. Tidak ada yang membantah mereka adalah tokoh yang pintar. Apa mereka disebut pintar karena unggul di bidang akademik? Tidak. Apa mereka, bisa dibilang, bodoh? Tidak juga. Mereka pintar di bidang mereka sendiri. Begitulah kita. Kita punya berkat kita sendiri yang dianugerahi oleh Tuhan.

Bukahkah Einstein pernah bilang bahwa, semua kita adalah jenius, namun jika kita menilai seekor ikan dari kemampuannya memanjat pohon, maka ikan itu akan merasa bodoh seumur hidupnya.

Intensitas ane membaca berbagai macam buku pun tak menjamin ane bisa mendapat top ranking di kelas. Memang tidak semua pelajar ‘ranking 1‘ adalah penggila baca. Tapi ane yakin bahwa orang pintar dan cerdas dapat lahir dari lembar demi lembar buku-buku yang dibaca.

Wassalamu’alaikum

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s