SMA, Je me souviens!

Assalamu’alaikum

SMAN 9 Binsus Manado. Tak terasa hampir genap tiga tahun ane menimba ilmu di sekolah ini. Tiga tahun yang tidak akan terulang. Namun semua rekam suka dan duka itu akan tetap terpatri. Katanya, masa-masa SMA adalah masa yang terindah. Bagi ane, 6 semester ini adalah masa ‘nano-nano‘. Segala tingkah konyol, gokil, absurd, keren, epik, ada lah! Dari bolos, kabur pas upacara, males bikin tugas, milih tidur di musholla daripada masuk kelas, ambisi, apatis, aktif, ikut berbagai lomba, semua dijabanin. Pun kita melewati masa pembentukan. Di ambang masa kita menyandang status siswa ini, kita melalui periode pendewasaan diri , pematangan intelektual dan emosional, bahkan spiritual, dimana kita akan menemukan jati diri kita. Menentukan target-target hidup di masa depan guna mempersiapkan diri ke bangku perkuliahan dan terjun ke masyarakat.

Awal masuk SMA, ane awali dengan perasaan yakin tapi bingung, dan semangat tapi minder. Mengingat hanya ane dari SMP ane yang lanjut ke SMA tersebut. Tapi rasa asosial itu bukan menjadi penghalang ane untuk berkembang dan belajar. Justru ane lebih terlecut untuk menjadi lebih aktif, lagi dan lagi. Berbagai kegiatan organisasi baik instra maupun ekstra ane jalani. Dan lewat itu ane belajar, tentang semangat, keberanian, spontanitas, dan yang terpenting adalah tentang dakwah ini.

Dakwah. Mengajak. Sejatinya inilah esensi utama dalam organisasi. Dimana kita mengajak pihak lain untuk melihat kita, bergabung bersama kita, dan berjuang bersama. Ya, dakwah ini yang membuat masa SMA ane bukan hanya sekadar kanvas kosong, melainkan indah tersapu oleh kuas magis bernama ukhuwah. Oke, kita memang akan terpisah. Tapi dakwah dan ukhuwah ini tak akan terburai. Kaya sistem MLM gitu lah. In syaa Allah akan jadi amal jariyah kita yang malah akan bertingkat, lagi, dan lagi, baik kuantitas maupun kualitas. Dan tongkat estafet ini masih akan dilanjutkan oleh penerus-penerus kita kelak.

Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berjuang di jalan-Nya dalam barisan yang teratur, mereka seakan-akan seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh.” (QS. Ash Shaff 4)

Wassalamu’alaikum

Leave a Reply

