Cibubur, Saksi Ikrar Ini

Assalamu’alaikum

Sesuai janji ane di post sebelumnya, jadi disini ane bakal share tentang keikutsertaan ane di Perkemahan Rohis SMA/SMK Nasional 11-15 Nopember 2014 di Buper Cibubur, Jaktim. Kegiatan ini adalah salah satu program dari Kementerian Agama RI untuk perwakilan pengurus-pengurus Rohis di tiap-tiap provinsi sebagai ajang silaturahim dan berbagi. Total pesertanya kurang lebih 1000-an siswa SMA/SMK plus para pembina pendamping tiap provinsi. Dari beberapa kegiatan nasional yang ane ikuti, kegiatan ini yang paling asik karena berbeda dengan kegiatan pada umumnya, yang pesertanya sekamar sama kontingennya, disini kita diatur sedemikian rupa sehingga sekamar (baca: setenda) sama peserta dari kontingen lain. Jadi, kita berenam di tenda semuanya beda provinsi, kita belajar bahasa daerah baru, budaya baru, dan saling share, pokoknya asik, kocak.

Untuk Sulawesi Utara sendiri, perwakilannya 6 orang, dari Kota/Kab yang berbeda, dan yang dari Kota Manado adalah ane. Sedikit sih dibanding Jawa Tengah yang sampe 100-an orang (pas disuruh ngumpul per kontingen rada minder sama kontingen-kontingen kaya gini). Tentunya perbedaanya karena faktor-faktor kayak jarak, rasio siswa muslim, dll. Sedangkan pendamping kami adalah Ustadz Supriadi, S.Ag, M.Pd.I (guru PAI ane wkwk). Dan selama kegiatan pun kita jarang ketemu karena tenda kita beda-beda, walaupun masih di RW yang sama. FYI, jadi disana kita dibagi 2 Kelurahan, putera dan puteri, dibawahnya ada RW, RT, terus tenda. Ane ada di RW 6, RT 3, tenda 113. Di tenda ane ada yang dari Tegal, Sumedang, Tangerang, sama DKI.

RW ane, RW 6 Aburrahman bin Auf itu paling kompak, paling gokil, paling semangat, gimana ngga, kemana-mana bawaannya sama-sama, terus yel-yel, pokoknya seru. Pak RW (yang selanjutnya kami panggil pak rewe) juga orangnya semangat banget, Samsul Maarif dari Brebes, Jateng, sampe-sampe diakhir kegiatan suaranya abis. RW ane juga mendapat predikat RW terbersih putera :thumbup

Kalo tentang kegiatan-kegiatannya, pokoknya full banget. Kita bangun jam 2 (ya setelat-telatnya jam 3 lah) buat tahajud, abis itu udah gabakal tidur lagi sampe istirahat jam 10 malem, kebayang dah tuh capeknya. Bisa selonjoran di tenda aja udah bersyukur. Hari pertama, pembukaan kegiatan. Dibuka oleh Menteri Agama RI, Bapak Lukman Hakim Saifuddin. Juga ada live performance dari Risty Tagor dan Opick. Malemnya kita Taaruf-an, jadi tiap provinsi maju ke panggung buat perkenalan. Hari Kedua, kita dapet materi dari salah satu ustadz nasional, disambung manasik haji. Manasik nya seru, apalagi pas ngelempar jumrah haha. Terus ada juga yang malah selfie-an, kocak dah, masa iya sih lagi haji selfie haha. Hari Ketiga, full out bond. Out bond nya seru. Kita dibagi jadi tim yang isinya kira-kira 12 orang. Gamesnya ga boring pokoknya asik, jadi makin akrab sama peserta dari provinsi lain. Ane paling suka games adu suit, sederhana tapi seru. Mancing emosi juga haha. Malemnya, ada Pentas Rohis. Jadi masing-masing RW perform di panggung utama. RW ane ngebawain drama, pencak silat, ama nasyid. Ane masuk di tim nasyid, walaupun cuma jadi backsound haha. Absurd banget. Kita ngebawain lagu ABG-nya Justice Voice, dan salah satu jurinya itu personil Justice Voice! Wkwkwk pokoknya gokil. Di hari ketiga ini badan gempor dah pokoknya. Hari keempat, lomba-lomba. Ada lomba tentang keagamaan, ada juga olahraga. RW ane dapet juara 2 di lomba Khotbah Jum’at, lewat teman kita dari Sulawesi Tengah (lupa namanya). Malemnya, ada malam penutupan, oleh bapak Dirjen Pendis Kemenag RI. Ane jadi perwakilan peserta putera buat pelepasan tanda peserta (bangga hehe), didampingi akhwat dari Bali sebagai perwakilan peserta puteri. Sayang gaada yang potoin momen itu -.-

Besoknya, 15 Nopember, tinggal administrasi peserta terus semua kontingen udah bisa balik ke daerah asalnya. Kontingen Sulawesi Utara kebetulan udah mesen tiket balik di tanggal 16 Nopember, jadi kita punya waltu lowong sehari buat jalan-jalan. Lumayan lah itung-itung refreshing. Malemnya kita nginep di Wisma Haji di Jalan Jaksa, Jakpus. Besoknya kita balik ke Manado.

Banyak kenangan tak terlupakan di kegiatan ini. Lima hari memang tidak cukup untuk saling menambatkan rasa mempererat ukhuwah. Namun lima hari ini sebuah persaudaraan baru lahir, dibingkisi kerinduan akan ukhuwah saudara seiman. Semoga ukhuwah ini tetap terjalin. Dan suatu saat nanti, kita dapat bersilaturahim kembali. Jayalah Rohis! Bangga menjadi muslim Indonesia!

Ikrar Rohis Nasional:

Kami Rohis Indonesia insan yang yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. berikrar:
1. Mendukung penuh kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945
2. Menghargai dan bangga akan kebhinekaan Indonesia
3. Menanamkan dan mengembangkan Islam yang rahmatan lil ‘alamin

Jakarta, 12 November 2014

Ttd, Pengurus Rohis SMA/SMK seluruh Indonesia

image
Teman setenda 113

image
Kontingen Putera Sulut & Gorontalo

image
Manasik Haji

image
Kompaknya RW 6 Abdurrahman bin Auf

image
Bersama Pembina Terkeren hehe

Wassalamu’alaikum

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s