Kerohanian Islam

Assalamu’alaikum

Rohis. Beberapa tahun ini, ane sangat akrab dengan ini. Rohis apaan sih? Rohis adalah singkatan dari Kerohanian Islam. Sebuah organisasi sub-osis yang bertujuan membina iman dan taqwa para siswa muslim di sekolah tersebut. Biasanya Rohis ada di sekolah-sekolah umum yang notabene siswanya heterogen. Di beberapa sekolah, Rohis bukan berbentuk organisasi, melainkan ekstrakurikuler. Adapun pelaksanaan kegiatan Rohis dimotori oleh para siswa muslim yang termasuk dalam struktur kepengurusan Rohis tersebut. Umumnya terdiri dari ketua, wakil ketua, koorlap, sekretaris, bendahara, dan didukung oleh divisi-divisi tertentu sesuai kebijakan Rohis masing-masing. Lantas, apa ikut Rohis penting? Jelas pentinglah, karena untuk kita yang bersekolah di sekolah umum, diperlukan wadah untuk membina keimanan kita, kita perlu teman yang mengingatkan pada amal sholeh, agar kita tidak terdorong arus sekularisme, liberalisme, dsb, maka Rohis-lah jawabannya.

Ane mengenal Rohis sejak kelas 10 di SMAN 9 Manado. Sejak awal, ane mulai tertarik untuk aktif dalam organisasi ini, karena selain belajar berorganisasi, juga dapat belajar mendalami agama. Sampai saat ane terpilih menjadi wakil ketua, dan ane lebih dapat terjun ke dalam organisasi ini. Mencari ide-ide atau terobosan baru, merancang sebuah kegiatan, menggalang dana, kajian kesana-kemari, adalah makanan sehari-hari kami para anak Rohis. Semakin lama pun ane makin cinta pada organisasi ini hahaha.. Ya, karena lewat Rohis, kita mendapat teman, mempererat ukhuwah, dan saling berlomba dalam kebaikan. Jadi kita tidak terbawa arus hidup hedonis khas anak muda sekuler, tapi kita mencoba membenahi diri dan menjadi generasi muda yang kaffah. Makanya ga salah kalo banyak yang bilang kalo menantu ideal itu alumni rohis hahaha. Lewat rohis ini, ane juga berkesempatan mengikuti beberapa kegiatan bahkan sampai tingkat nasional, yaitu Pentas PAI Nasional 2013, dan Perkemahan Rohis Nasional 2014, kita disana menjadi angkatan pertama Rohis Nasional hehe. Selebihnya tentang kegiatan tersebut in syaa Allah ane bahas di post berikutnya.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa lewat Rohis dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. M. Anwar Djaelani menuliskan, Siti Munawaroh dari Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, meneliti di SMAN 13 Semarang bahwa prestasi para aktivis Rohis tergolong dalam kategori sangat baik. Sedangkan para aktivis OSIS tergolong baik. Intinya, ada perbedaan indeks prestasi antara aktivis Rohis dengan aktivis OSIS di sekolah tersebut. Hal tersebut membuktikan bahwa Rohis sebagai organisasi yang lengkap, yang membina ilmu dunia juga ilmu akhirat. (Jawa Pos, 28/09/12)

Akhirnya, ane pengen menyimpulkan, dengan Rohis maka kita dapat belajar banyak hal. Rohis bukan hanya untuk siswa-siswa baik, namun terbuka untuk siswa manapun. Bahkan di Rohis lah diharapkan para siswa yang belum baik dapat berubah menjadi siswa yang baik dan istoqomah (:
Semoga semua Rohis di seluruh Indonesia dapat berkembang menjadi lebih baik dan semua ‘output’-nya dapat menjadi pribadi bermanfaat bagi ummat. Amiin.
Bangga Menjadi Rohis INDONESIA!

Wassalamu’alaikum

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s