Tentang ‘The Alchemist’

Assalamu’alaikum

Telah banyak resensi dan review mengenai novel ini. Novel karya Paulo Coelho ini dicap oleh banyak orang sebagai novel bagus, pake ‘sangat’ malahan. Saking menginspirasinya novel ini. Membaca novel ini, disebut-sebut dapat mengubah hidup pembacanya. Itulah mengapa ane memutuskan untuk beli dan baca novel ini.

Setelah ane mengkhatamkan novel ini, ternyata novel ini ga terlalu melenceng dari asumsi publik. Isi novel ini berisi tentang pertanyaan-pertanyaan dasar dalam hidup, kaya apa tujuan kita hidup? dan juga tentang impian-impian yang harus kita raih. Paulo Coelho membahas itu semua secara universal melalui cerita yang menarik. Kutipan-kutipan dalam novel ini juga sangat inspiratif.

Gambar

Sinopsis: (Spoiler Ahead)

Bercerita tentang perjalanan seorang bocah dalam meraih mimpinya, Santiago, bocah yang memiliki keinginan untuk mengembara, dan memutuskan untuk menjadi seorang gembala demi tujuannya untuk mengembara. Suatu hari ia bermimpi hal yang sama dua kali berturut-turut. Dalam mimpinya ada seorang anak yang membawanya ke piramida di Mesir dan mengatakan bahwa di sana ada harta terpendam. Karena merasa terganggu oleh mimpinya, ia pun pergi ke seorang penafsir mimpi, dan penafsir itu hanya menyarankan si bocah itu untuk pergi ke piramida untuk mengambil hartanya. Bocah itu merasa kecewa dan merasa ditipu oleh penafsir itu. Namun setelah pergi dari tempat penafsir itu, ia bertemu dengan seorang lelaki tua yang mengaku sebagai raja Salem. Si raja itu ternyata mengetahui mimpi si bocah itu dan akan memberitahunya bagaimana cara mendapat harta tersebut dengan syarat ia meminta imbalan berupa sepersepuluh domba yang dimiliki si bocah itu. Awalnya bocah itu ragu namun akhirnya ia mengikuti keinginan si raja Salem tersebut. Raja Salem pun memberitahunya untuk pergi ke Piramida di Mesir dan mengikuti tanda-tanda. Lalu, dimulailah pengembaraan bocah tersebut ke Mesir, tempat yang sangat asing baginya dan memiliki bahasa yang berbeda pula. Di sini ia banyak mendapat pengalaman-pengalaman dan rintangan seperti bertemu pencuri, bekerja pada pedagang Kristal, menumpang karavan, tinggal di sebuah oasis dan bertemu dengan Fatima, hingga bertemu dengan sang Alkemis yang kemudian membantunya mencapai piramida. Gimana kisah selanjutnya? ane rekomendasi untuk baca sendiri novelnya haha.

Wassalamu’alaikum

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s