Sekelumit dari “9S10A”

Assalamu’alaikum

Beberapa saat setelah ane meng-khatamkan kembali novel ini, entah keberapa kali, ane tertarik untuk share sedikit review tentang novel tersebut. Novel yang inspiratif dan menggugah ini mempunyai pesan yang sangat jelas unutk para pembacanya.

Novel karya Iwan Setyawan ini berkisah tentang perjalanan penulis sendiri melewati segala kesusahan hidup, mencoba bertahan, dan akhirnya mereguk manisnya perjuangan. Sesuai dengan ‘tagline’ novel ini, yaitu ‘Dari Kota Apel ke The Big Apple’, novel ini mengisahkan bagaimana Iwan, anak seorang sopir di Batu, Malang hingga akhirnya menjadi Director Internal Client Management di Nielsen Consumer Research, New York, USA.

Iwan hanyalah seorang anak kecil biasa dari keluarga yang hidup dibawah garis kemeralatan. Ia, keempat saudarinya, dan kedua orangtuanya harus tinggal di rumah mungil berukuran 6×7 meter. Di tengah keterbatasan itu, Iwan mencoba untuk terus menuntut ilmu, bercumbu dengan tumpukan buku di tengah remang lampu minyak, agar bisa berprestasi. Di tengah prestasi-prestasinya, ia masih takut untuk bermimpi, keinginannya untuk bermimpi terbentur kesusahan keluarganya.

Penulis novel ini, Iwan Setyawan, dengan apik menulis rekonsiliasi masa lalu dengan gaya yang berbeda. Dibantu seorang tokoh imajiner yang menyembatani masa sekarang dan masa lalu.

Secara keseluruhan, lulusan terbaik Jurusan Statistika IPB ini memberikan sentuhan yang menrik untuk novelnya. Diselingi juga dengan quote-quote Dostoevsky yang keren. Akhirnya, novel ini memberikan pesan inspiratif bahwa masa depan bukan hanya tentang mimpi-mimpi, tapi perjuangan, cinta keluarga, dan keberanian untuk menembus batas ketakutan.

Wassalamu’alaikum

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s