‘Get Inspired’

Assalamu’alaikum

“Manusia hidup untuk memanusiakan manusia lain”

Kutipan terkenal dari Dr. Samuel Ratulangi, gubernur pertama Sulawesi, tersebut seperti menggambarkan apa tugas dan peran kita sebagai manusia di dunia ini. Selain beribadah kepada Tuhan YME, karena itu yg utama, membantu sesama manusia sangat penting mengingat status kita sebagai makhluk sosial.

Beberapa hari lalu ane ikut seminar ‘Get Inspired’ dari BBC Indonesia. Dalam salah satu segment, salah seorang pembicara memaparkan sebuah programnya, yaitu ‘Klinik Asuransi Sampah’ yang dipelopori oleh CV Indonesia Medika. Unik memang, dengan program itu para warga kurang mampu dapat berobat dengan sampah sebagai alat transaksinya. Bayangin aja tuh, disaat klinik lain mematok harga tinggi untuk para pasiennya, Klinik Asuransi Sampah malah membuat trobosan dengan sampah sebagai pengganti uang! Namun sayangnya, program ini baru sebatas cakupan Kota Malang dan sekitarnya.

Sekilas, program ini seperti digalangi oleh para pejabat dan orang-orang berada, tapi nyatanya, program ini dipelopori oleh anak-anak muda. Ya, anak-anak muda yang berdedikasi tinggi. Mereka prihatin akan nasib warga miskin yang tidak mampu berobat ke rumah sakit. Program ini juga bagai sambil menyelam minum air, karena selain memudahkan warga miskin untuk berobat, sampah-sampah rumah tangga juga dapat terorganisir secara baik.

Indonesia Medika seakan ingin membuktikan bahwa kesehatan bukan hanya milik orang kaya, bukan hanya milik anggota DPR, bukan hanya milik artis, bukan hanya milik pengusaha, tapi juga milik orang miskin.

Menurut ane, apabila pemerintah pusat dapat melihat peluang program ini sehingga dapat disosialisasikan ke seluruh Indonesia, tentu akan menjadi sebuah kabar gembira bagi seluruh warga Indonesia, khususnya warga miskin. Dan angka kematian penduduk juga akan berkurang. Apalagi kalo ini sudah menjadi program nasional. Sehingga apabila ada negara lain yang ingin membuat program seperti ini, meraka akan tau bahwa pencetusnya adalah Indonesia! Cukuplah Indonesia menjadi bangsa pengekor, sekarang adalah saatnya Indonesia menjadi bangsa pelopor. Dan sedikit ane nambahin, setelah ane search, dr. Gamal, pendiri program ini, adalah jebolan ptn dalam negeri, dan berhasil meraih penghargaan pertama untuk kategori Sustainable Living Young Entrepreneurs dari Kerajaan Inggris. Pangeran Charles bahkan sangat memuji program ini. Jadi walaupun kita gabisa nuntut ilmu di luar negeri, kita tetap bisa melakukan sesuatu yang berarti untuk orang banyak. Melakukan sesuatu untuk Indonesia. Membanggakan Indonesia.

Wassalamu’alaikum

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s